Asistensi dan Entry SISKEUDES

Siskeudes adalah Sistem Keuangan Desa dimana pada tahun 2017 lalu sudah diperkenalkan, dan di tahun 2018 ini kembali diajarkan agar di tahun mendatang sudah lancar dan full dalam mengaplikasikannya. Pada Hari Senin dan Selasa 19 & 20 Maret 2018 diadakan Asistensi dan Entry Siskeudes di Desa Cangkring, acara ini dihadiri oleh 4 Desa, yakni Duren, Sugihan, Dawungan, dan Cangkring sebagai tuan rumah acara ini. Asistensi Siskeudes ini dipandu oleh dua Pendamping Desa dan dua Pendamping Lokal Desa Kecamatan Jatiroto.

Pada hari pertama materi yang diberikan adalah mengenai entry Penganggaran yang berdasarkan dari data APBDes yang sudah fix dari masing-masing desa. Ketiga tutor yang merupakan para PD dan PLD ini jelas dalam memberikan arahan karena peserta yang hanya sedikit membuat dampak positif yakni situasi menjadi kondusif dan semakin mudah dalam memahami arahan para tutor.

Hari kedua setelah input penganggaran selesai, harus dipastikan tidak ada selisih (balance), setelah tidak ada selisih dilanjutkan dengan penginputan penatausahaan. Penatausahaan lebih sedikit susah dibandingkan dengan penganggaran, karena menerapkan setiap detail uang keluar dan dipergunakan untuk hal apa. Sebagai contoh dalam pembelian alat tulis kantor, harus diinput dulu penerimaan dana dari mana kemudian dimasukkan dalam SPP Definitif dan selanjutnya SPP Pencairan. Setelah diadakannya Asistensi Siskeudes ini diharapkan semua perangkat desa yang mengikuti bisa menerapkan dengan baik dalam mengentry data APBDes dan semua pelaksanaan kegiatannya dalam jangka waktu satu tahun program kerja masing-masing desa.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan