Pelatihan Perangkat Desa Baru Gelombang 2 di BPSDMD Jawa Tengah

Kabupaten Wonogiri adalah kabupaten pertama yang mengadakan Pelatihan Perangkat Desa Baru. Pada tanggal 07 Mei – 10 Mei 2018 diadakan Pelatihan Perangkat Desa Gelombang 2 di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Sebelumnya sudah diadakan Gelombang 1 pada tanggal 02 April – 05 April 2018. Kegiatan ini berlangsung empat hari, para peserta pelatihan berangkat dari halaman Kabupaten Wonogiri pukul 06.00 menuju BPSDMD Jawa Tengah menggunakan 4 Bus, setiap Bus terdiri dari dua Kecamatan yang berjumlah 43 orang di setiap busnya. Menempuh perjalanan 3 jam dari Wonogiri sampai BPSDMD Jawa Tengah. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti acara Pelatihan Perangkat Desa ini.

Pukul 09.00 tiba di halaman BPSDMD Provinsi Jateng. Setelah sampai para peserta melakukan registrasi kemudian memasuki kamar masing-masing. Pukul 10.00 diadakan upacara pembukaan Pelatihan Perangkat Desa Gelombang 2 yang dihadiri oleh Wakil Bupati Wonogiri, Kepala Dinas PMD Wonogiri , dan Kepala BPSDMD Jawa Tengah. Setelah upacara pembukaan selesai dilanjutkan pemberian materi di Aula Muria BPSDMD sampai sore.

Hari kedua sampai hari ke empat pemberian materi dilakukan di dalam ruang kelas Sumbing. Pemberian materi menggunakan metode ceramah dan diskusi agar kegiatan belajar mengajar bisa optimal. Pembahasan dalam diskusi meliputi masalah korupsi, pelayanan prima dalam pemerintahan desa, dan produk hukum desa. Metode diskusi yang digunakan sangat membantu dalam pemahaman materi dan tentunya juga mempererat hubungan sesama perangkat desa baru yang dulunya belum begitu mengenal.

Dengan diadakannya  Pelatihan Perangkat Desa Gelombang Baru ini diharapkan dapat meningkatkan  potensi, SDM, serta integritas masing-masing perangkat sehingga bisa melakukan tupoksi masing masing dalam pemerintahan desa serta bisa melayani masyarakat dengan prima dan optimal.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan