Prakerin SMK Negeri 1 Jatiroto

Prakerin atau yang biasa disebut Praktik Kerja Industri adalah kegiatan magang kerja yang dilakukan oleh siswa-siswa SMK kelas XI di Instansi yang sudah menjadi pilihan siswa-siswa tersebut. Kantor Desa Cangkring pada tahun 2019 menerima siswa Prakerin dari SMK Negeri 1 Jatiroto. Jadwal Prakerin Siswa SMK N 1 Jatiroto di Kantor Desa Cangkring mulai 18 Maret 2019 sampai dengan 13 September 2019.

Tujuan diadakannya PRAKERIN adalah :

  1. Mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah;
  2. Membentuk pola pikir yang konstruktif pola pikir bagi siswa-siswi PRAKERIN;
  3. Melatih siswa untuk berkomunikasi/ berinteraksi secara profesional didunia kerja yang sebenarnya;
  4. Membentuk Etos kerja yang baik bagi siswa-siswi PRAKERIN;
  5. Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa-siswi PRAKERIN sesuai bidang masing-masing;
  6. Menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan di Implementasikan dalam kehidupan sehari-hari;
  7. Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri maupun dunia usaha.

Senin, 18 Maret 2019 siswa Prakerin dari SMK N 1 Jatiroto tiba di Kantor Desa Cangkring didampingi oleh Ibu Indra selaku Guru SMK N 1 Jatiroto. Daftar siswa Prakerin di Kantor Desa Cangkring terdiri dari 3 Siswi yaitu : Danisa Astriyani (XI PBK 2), Erfina (XI PBK 2), dan Yani Astuti (XI PBK 2).

Ketiga siswa Prakerin tersebut berbasic jurusan Perbankan. Pada hari pertama para siswi melakukan pengenalan dalam lingkungan kerja di Pemerintahan Desa Cangkring, karena sangat berbeda tentunya antara Lingkungan Instansi Sekolah dengan Instansi Pemerintahan Desa. Selama masa prakerin yakni sekitar 6 Bulan diharapkan dapat membekali ilmu kepada para siswa agar nantinya setelah lulus sekolah, para siswa siap terjun dalam dunia kerja.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan