Idul Adha, Momentum Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

Idul Adha 1440 H jatuh pada hari Minggu, 11 Agustus 2019. Sholat Idul Adha dimulai pukul 06.20 bertempat di Lapangan Sepak Bola Desa Cangkring. Jemaah sholat Idul Adha pun cukup banyak dari anak balita sampai orang tua berusia senja. Selesai sholat diisi khotbah oleh Ustad Ali Maskum. Beliau berkhotbah akan makna Idul Adha dimana sebagai momentum yang tepat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seseorang. Berkurban dapat menyucikan diri dan harta. Dengan berkurban pula, rasa kasih sayang dan peka terhadap sesama bisa ditumbuhkan. Alhamdulillah semakin tahun semakin tinggi tingkat kesadaran umat muslim khususnya di Desa Cangkring.

Momentum Idul Adha 1440 H Desa Cangkring

Ustad Ali Maskum selaku khotib pada Idul Adha 1440 H di Desa Cangkring, memberikan ceramah mengenai momentum Idul Adha untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Kurban bermula dari perintah Allah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya. Nabi Ibrahim menerima perintah itu lewat mimpi.

Nabi Ibrahim lalu menyampaikan perintah itu kepada anaknya. Mereka lalu menaati perintah itu. Saat akan disembelih, Allah mengganti sang anak dengan seekor hewan ternak yang besar.

Lewat perintah itu, Allah hendak menguji ketaatan Ibrahim. Kisah ini terdapat dalam Alquran surat Ash-Shaffat ayat 103-107.

Kisah Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan anak yang dicintainya ini menjadi dasar pelaksanaan kurban. Setelah kepada Nabi Ibrahim, Allah memerintahkan pelaksanaan kurban kepada Nabi Muhammad pada setiap Hari Raya Idul Adha.

Kurban bermakna pengorbanan pada sesuatu yang dicintai, yakni harta yang telah diperoleh. Dengan berkurban, artinya seorang Muslim memberikan sebagian hartanya untuk membeli hewan kurban, lalu menyembelihnya, dan memakan dan membagikan dagingnya kepada orang-orang di sekitar.

Peningkatan yang signifikan jumlah hewan kurban Sapi di Desa Cangkring dari Tahun 2018 lalu yakni Sapi berjumlah 6 ekor, Kambing 61 ekor, kemudian di tahun 2019 meningkat yakni Sapi 13 ekor dan Kambing 45 ekor. Walaupun jumlah Kambing menurun tetapi jumlah Sapi meningkat pesat.

Jemaah Masjid Al- MU’MIN mengeksekusi hewan kurban

Karena berkurban itu mensucikan harta, berkurban itu sedekah untuk sesama, berkurban itu meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, karena berkurban sarat akan makna dan kaya akan hikmah.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan