Sosialisasi Pelestarian Lingkungan Bendungan Serbaguna Wonogiri

       Indonesia memiliki kekayaan SDA dan Lingkungan yang luar biasa, yakni kenakeragaman hayati (flora dan fauna) yang tinggi di dunia darat dan perairan, deposit aneka sumber daya pertambangan (minyak, gas, mineral), cuaca dan iklim yang lembut, keanekaragaman budaya lokal.

Proses pembangunan secara terencana untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur berlangsung sejak tahun 1969. Sumber daya air adalah air, dam daya air yang terkandung di dalamnya, merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa yang memberikan manfaat untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia dalam segala bidang. Beberapa sumber air dari alam yakni ada air laut, air hujan, air permukaan (danau, telaga, sungai), air tanah, dan mata air. Sedangkan sumber air buatan manusia yakni waduk, sumur bor, bendungan, kolam, PDAM. Bendungan Serbaguna Wonogiri adalah salah satu bentuk sumber air buatan manusia. Bendungan /Waduk Gajah Mungkur Wonogiri beroperasi pada tahun 1982. Dibangunnya waduk tersebut memberikan manfaat yang besar bagi kita semua. Oleh karena itu kita yang mewarisi harus melestarikan keberadaan kelanjutan waduk Gajah Mungkur agar senantiasa tersedia dalam kuantitas dan kualitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan makhuk hidup, baik pada waktu sekarang maupun yang akan datang.

Pada hari Selasa 29 Oktober 2019 diadakan sosialisasi pelestarian lingkungan bendungan serbaguna di desa Cangkring. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Wonogiri, Ketua LSM PERSEPSI, dan Perum Jasa Tirta Surakarta. Acara dimulai pukul 13.00  diawali dengan sambutan Pj. Kades Cangkring Bpk Y. Trisnadi , dilanjutkan sambutan dari Kasub Perum Jasa ASA 3. 1.

Selanjutnya pengisian materi dari narasumber pertama yakni dari Dinas Lingkungan Hidup Wonogiri (Bpk. Febi), materi Bpk Febi mengenai pelestarian sumber daya air alami maupun buatan, konservasi air, dan pengelolaan sumber daya air. Narasumber kedua dari LSM PERSEPSI Wonogiri Bpk. Edhy Supriyanto memaparkan materi mengenai membangun kesadaran masyarakat dalam pelestarikan waduk (sampah dan sedimentasi). Setelah pemaparan dan penyampaian materi dari kedua narasumber selesai dilanjutkan penyerahan stimulan.

Penyerahan Stimulan dari Perum Jasa Tirta 1 kepada Pj. Kades Cangkring

Penyerahan Stimulan dari PT. Indonesia Power kepada Masyarakat

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan