Musyawarah Sektoral Perumusan RPJMDes Cangkring

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa atau yang kerap disebut RPJMDes adalah suatu rencana untuk pembangunan desa selama 6 tahun. Setelah terpilihnya kepala Desa Cangkring pada 25 September 2019 lalu, pada tahun 2020 ini mulai dirumuskan RPJMDes selama 6 tahun ke depan. Sebelum ditetapkannya RPJMDes selama 6 tahun yakni dari tahun 2020-2025, diawali dengan musyawarah sektoral terlebih dahulu yang terdiri dari berbagai kelompok, yakni : Perempuan, Kepemudaan, Dusun, Petani&Peternak, Agama & Budaya. Musyawarah sektoral diawali dari kelompok perempuan pada hari Rabu, 04 Maret 2020 bertempat di balai desa Cangkring. Musyawarah sektoral kelompok perempuan berlangsung selama kurang lebih 1,5 jam dan merumuskan berbagai usulan diantaranya : Pelatihan pembuatan kue, Pelatihan&pengadaan alat pembuatan jenang hajatan, Pengadaan Sanggar Seni Budaya, Pelatihan Menjahit, Pelatihan merias, pelatihan online shopping, dll. Semua usulan dicatat dan akan dirumuskan ke depan di RPJMDes. Musyawarah sektoral yang kedua yakni unsur kepemudaan yang dilaksanakan pada hari yang sama yakni Rabu, 04 Maret 2020 di balai Desa Cangkring pukul 20.00 WIB. Unsur kepemudaan mengusulkan berbagai hal berikut : Penataan Sungai, pengelolaan sampah plastik, Sarana prasarana olahraga, Pelatihan budidaya jamur dan ayam joper, Mengadakan event olahraga tahunan, Pengadaan bibit dan budidaya ikan, pelatihan pemanfaatan internet untuk edukasi dan kreativitas, pembangunan dan pengelolaan pembangunan rekreasi dan edukasi, dll.

Setelah musyawarah sektoral kelompok perempuan dan kepemudaan, dilanjutkan dengan musyawarah trip dusun dari dusun Kepuh pada kamis tanggal 5 Maret 2020, Dungkambil pada hari Jumat 6 Maret 2020, Cerme pada hari Sabtu 7 Maret 2020, dan terakhir Cangkring pada hari Minggu 8 Maret 2020. Pada musdus trip dusun juga ditayangkan rekapan usulan yang belum terealisasi tahun sebelumnya. Masyarakat juga menambahi berbagai usulan terkait pembangunan infrastruktur di Desa Cangkring. Pelatihan pakan ternak dan usulan pembangunan

Musyawarah Sektoral Kelompok Perempuan
Musyawarah Sektoral Kelompok Kepemudaan
Musyawarah Dusun Kepuh
Musyawarah Dusun Cerme
Musyawarah Dusun Dungkambil
Musyawarah Dusun Cangkring
Musyawarah Sektoral Kelompok Petani, Peternak, Agama & Budaya
Diskusi Musyawarah Sektoral Kelompok Petani, Peternak, Agama & Budaya

 

Berbagai usulan yang direkap pada saat musyawarah sektoral maupun musyawarah dusun direkap dan nantinya akan dirumuskan di dalam penetapan RPJMDesa. Partisipasi dari berbagai kelompok dalam satu desa tentunya nanti akan menjadi acuan untuk cangkring yang lebih baik, sukses, maju dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan