HARI LAHIR PANCASILA

  • Webadmin Desa Cangkring , Jatiroto, Wonogiri
  • Jun 01, 2024

1 Juni merupakan salah satu hari besejarah bagi bangsa Indonesia, hari ini adalah hari dimana telah lahir Dasar Negara yang menjadi representasi warga negara dan tujuan dalam bernegara.

Secara historis, Pancasila dirumuskan dengan tujuan untuk dipakai sebagai dasar negara Indonesia Merdeka. Dalam prosesnya, segala perumusan Pancasila sebagai dasar negara ini digali dan didasarkan dari nilai-nilai pandangan hidup masyarakat Indonesia dan dituangkan menjadi kesatuan sebagai pandangan hidup bangsa.

Secara kultural, Pancasila sebagai dasar negara merupakan sebuah hasil budaya bangsa. Oleh karenanya, Pancasila haruslah diwariskan kepada generasi muda melalui pendidikan. Jika tidak diwariskan, negara dan bangsa akan kehilangan kultur yang penting. Penting untuk diingat bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki kepedulian kepada pewarisan budaya luhur bangsanya.

Secara yuridis, Pancasila sebagai dasar negara tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Sehubungan dengan itu, Pancasila memiliki kekuatan yang mengikat. Seluruh tatanan hidup bernegara yang bertentangan dengan Pancasila dinyatakan tidak berlaku dan harus dicabut.

Sabtu 1 Juni 2024 seluruh stakeholder yang berada di Kecamatan Jatiroto tak terkecuali Kepala Desa Cangkring beserta Perangkat Desa Cangkring mengadakan upacara dalam rangka memperingati hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan di halaman Pendopo Kecamatan Jatiroto, seluruh peserta upacara mengikuti  dengan khitmad tanpa mengurangi marwah dari inti upacara yang bertemakan 'PANCASILA JIWA PEMERSATU BANGSA MENUJU INDONESIA EMAS TAHUN 2045.

Pembina upacara Bp. Miran, S.Sos, MM. (Camat Jatiroto) selaku pembina upacara  menyampaikan amanatnya berpesan kepada seluruh peserta upacara untuk senantia menjunjung tinggi nilai-nilai PANCASILA sebagai Dasar Negara, serta mengenang betapa besar jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekan Republik Indonesia sekaligus menanamkan jiwa patriotisme untuk optimis menjadi warga negara yang berkompeten guna mewujudkan generasi-generasi tanggung menuju Indonesia Emas Tahun 2045.